Antum sedang membaca...
Kisah Inspiratif

Rembulan di Langit Zaman

Ahli Bid’ah dan Ahlul Bathil senantiasa memiliki kepentingan tersendiri dan ambisi di bawah payung kebid’ahannya. Setiap muncul para penyeru kebidahan, maka Allah dengan hikmahnya memunculkan ulama As-Sunnah untuk menghadang mereka maka runtuhlah misi tersebut. Dari Al-Mughiroh bin Syu’bah rodhiyallohu’anhu, Rosululloh bersabda, “ Akan selalu ada sekelompok orang dari umatku yang unggul/ menang hingga tiba pada mereka keputusan Alloh, sedang mereka adala orang-orang yang unggul/menang.(Shahih Al-Bukhari, no.7311)

AsySyaikh Muhammad bin Sholih Al utsaimin rohimahulloh menjelaskan, bahwa yang dimaksud hadits tersebut adalah adanya sekelompok orang yang berpegang teguh dengan apa yang yang Nabi Shollallohu’alaihi wasallam dan para sahabatnya berada di atasnya. Mereka adalah orang yang unggul/menang, tak akan termudaratkan oleh orang-orang yang menelantarkan dan orang-orang yang menyelisihinya.(Syarhu ASh-Shahih Al bukhari)

Maka bila menatap langit zaman, di setiap kurun, waktu, senantiasa didapati para pembela al haq. Mereka adalah bintang gemilang yang memberi petunjuk arah dalam kehidupan umat. Mereka memancarkan berkas cahaya yang memandu umat di tengah gelap gulita. Maka bila kita tengok kala muncul kegelapan karena bid’ah-bid’ah dizamannya, maka terlahir pula bintang terang benderang untuk memilah mana yang terang di atas kebenaran dan kebathilan. Mari kita simak runtutan sejarah perjuangan barisan ulama berikut ini dimasanya..

1. Kala muncul bid’ah Khowarij dan Syi’ah, Alloh merobohkan makar mereka dengan memunculkan Ali bin Abi tholib dan  Abdullah ibnu abbas rodhilayallohu’anhum.

2. Begitupun saat bid’ah Qodariyah hadir, maka Abdullah bin Umar, Abdullah bin Abbas, dan Jabir bin Abdillah rodhiallohu’anhum dari kalangan sahabat yang utama melawan pemahaman sesat tsb.

3. Ketika bid’ah Mutazhilah muncul, maka Alloh melahirkan Al Hasan Al Bashri, Ibnu Sirin, dan lain-lainnya rohimahumulloh dari kalangan ulama tabi’in.

4. Begitu pun ketika akidah sesat dari Syi’ah Rafidhoh hadir, maka Alloh menampakkan hujjahnya melalui tangan-tangan Al-Imam Asy-Sya’bi, Al Imam Asy Syafi’i, dan para Imam Ahlussunnah lainnya rohimahumulloh untuk menghadapi dan menangkal kesesatan Syi’ah Rafidhoh.

5. Tokoh Kebid’ahan Jahm bin Shofwan yang mengusung jahmiyah juga diruntuhkan oleh Al-Imam Malik, Abdullah bin Mubarok dan lainnya rohimahumulloh.

6. Demikian pula tatkala menyebar pemahaman sesat bahwa AlQur’an adalah Makhluq, maka Al-Imam Ahmad bin Hanbal  rohimahumulloh tampil memerangi pemahaman dan keyakinan sesat tersebut.

7. Ketika muncul bid’ah sufiyah, ahlul kalam, dan filsafat ditengah-tengah umat, maka Alloh melahirkan sosok yang menjadi Hujjah Alloh ditengah-tengah mereka,seorang ulama sunnah,pembaharu yang agung,dia adalah Syaikhul Islam Abul Abbas Ahmad Ibnu Taimiyah Rohimahulloh..

8. Kemudian pada abad ke 7 hijriah, tatkala kuburan orang-orang sholih dibangun kubah menjaid washilah kesyirikan, maka Alloh menjadikan seorang Syaikhul Islam, Mujtahid yang agung, sebagai tokoh penyeru tauhid yang berada di garda terdepan, menghancurkan kubah-kubah, dan berdakwah melalui tulisan dan lisannnya. Dialah Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab at-Tamimi rohimahulloh,

9. Sekarang ini, ketika faham ikhwanul muslimin, dan Hizbut tahrir hadir, maka Asy-Syaikh Bin Baz, syaikh utsaimin, dan syaikh Al Albani rohimahumulloh menjadi penjelas akan kerusakan faham yang dibawa mereka melalui tulisan-tulisan dan ceramah-ceramahnya.

10. Kemudian dalam waktu yang tidak terlampau jauh dari sebelumnya, muncul kebid’ahan pemahaman takfiri Quthbiyah, yang disodorkan oleh sayid qutub, serta takfiri  yang di usung usamah bin laden, maka Alloh menjadikan Syaikh Robi bin Hadi almadkholi Hafidhohulloh, Syaikh Muqbil rohimahulloh, menjadi penyanggah kesesatan pemahaman tsb., melalui buku-bukunya yang telah hadri ditengah-tengah umat,

Alloh senantiasa memunculkan para pembela risalah-Nya. Mereka terus berupaya menjaga As-Sunnah, agar tidak redup diempas para ahlul bid’ah. Begitu pula para imam lain yang belum tersebutkan, seperti Al Imam Albukhari,Al Imam Al barbahari, Al Imam Ibu Khuzhaimah, Al-Imam Ibnu Baththoh, Al Imam Al-Lalika’i, Al Imam Ibnu Mandah, Asy Syaikh Abdurrohman bin Nashir As-Sa’di dan lainnya dari kalangan Imam Ahlussunnah rohimahumulloh.Maka tidak salah jika jika kedua hadits berikut menjadikan jelas betapa agung dan pentingnya kedudukan seorang ulama di tengah-tengah umat.

Rasulullah صلى ا لله عليه وسلم bersabda

إن الْعُلُمَاءُ وَرَثَةُ اْلأَنْبِيَاءِ، إِنَّ اْلأَنْبِياَءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْناَرًا وَلاَ دِرْهَماً إِنَّمَا وَرَّثُوْا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَ بِهِ فَقَدْ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu maka barangsiapa mengambil warisan tersebut ia telah mengambil bagian yang banyak.” (Tirmidzi, Ahmad, Ad-Darimi, Abu Dawud. Dishahihkan oleh Al-Albani)

Rasulullah صلى ا لله عليه وسلم bersabda إِنَّ اللهَ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعاً يَنْتَزِعُهُ مِنَ الْعِباَدِ، وَلَكِنْ بِقَبْضِ الْعُلَماَءِ. حَتَّى إِذَا لَمْ يُبْقِ عاَلِماً اتَّخَذَ النَّاسُ رُؤُوْساً جُهَّالاً فَسُأِلُوا فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا

“Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu dengan mencabutnya dari hamba-hamba. Akan tetapi Dia mencabutnya dengan diwafatkannya para ulama sehingga jika Allah tidak menyisakan seorang alim pun, maka orang-orang mengangkat pemimpin dari kalangan orang-orang bodoh. Kemudian mereka ditanya, mereka pun berfatwa tanpa dasar ilmu. Mereka sesat dan menyesatkan.” (HR. Al-Bukhari no. 100 dan Muslim no. 2673)

Begitulah seorang Alim. Dia laksana rembulan di langit zaman 

Abu ‘Abdirrohman .

maroji’: 

1. Majalah AsySyariah, 

2. Barisan Ulama Pembela Sunnah Nabawiyah, 

3. Syarhu Al Imam Albukhari,

4. http://ahlulhadiits.wordpress.com/.

Discussion

No comments yet.

Beri komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

silakan mendownload

TRANSLATE THIS BLOG!

Statistik Blog

  • 70,068 kunjungan

Arsip

%d bloggers like this: