Antum sedang membaca...
Kesehatan

Tips Merawat Anak Yang sedang Sakit . . .

Anak yang sedang sakit selalu membuat orangtuanya cemas. Anak sakit membutuhkan lebih banyak perhatian daripada biasanya, walaupun sakitnya tidak terlalu berat.

Kehadiran orangtua yang mendampinginya dapat membesarkan hati si anak sakit. Hasil riset menunjukkan, pendampingan orangtua membantu mempercepat proses penyembuhan si anak.

Dari pengalamannya, orangtua umumnya mampu dengan cepat mengenali gejala-gejala sakit anaknya. Selain dari gejala-gejala nyata yang muncul, seperti ruam kulit, muntah-muntah, atau kesakitan, ada petunjuk umum lain yang dapat mengungkapkan bahwa si anak sedang sakit, misalnya kehilangan nafsu makan, cengeng dan rewel yang tidak seperti biasanya.

Di saat sakit, anak mungkin merasa lemas, tingkah lakunya tidak selincah biasanya, sehingga ia lebih senang berbaring di sofa ruang keluarga, di mana ia merasa terlibat dengan anggota keluarga lain, daripada terbaring sendirian di kamarnya. Bila dokter meminta istirahat penuh, bantulah anak Anda untuk mengurangi rasa sepi dan bosannya karena harus berbaring terus. Dampingilah dia, dan sediakan kegiatan-kegiatan yang dapat memberinya keasyikan, misalnya menggambar atau melakukan permainan dan sebaginya.

Nafsu makan anak yang sedang sakit umumnya berkurang, namun hal itu tidak perlu Anda risaukan. Bujuklah dia dengan masakan kesukaannya, tidak jadi soal apakah makanan tersebut tidak terlalu bergizi. Biasanya dokter akan bertindak bila hilangnya nafsu makan itu berlanjut dalam suatu masa sakit yang panjang. Yang penting adalah menjaga anak yang sakit banyak minum, terutama bila mengalami demam, muntah-muntah, atau diare. Meskipun yang terbaik adalah air putih dan jus buah tanpa gula, tetapi biarlah ia memilih minuman lain yang disukainya sebagai selingan.

Carilah kamar yang berventilasi baik dengan suhu nyaman sekitar 18 derajat Celsius. Kamar yang terlalu panas dan pengap dapat menambah parah kondisi demam anak Anda.

Dikutip dari : Smart Living (Edisi 06/Februari/2007)

Discussion

No comments yet.

Beri komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

silakan mendownload

TRANSLATE THIS BLOG!

Statistik Blog

  • 70,068 kunjungan

Arsip

%d bloggers like this: